Jumat, 21 Maret 2014

Marketing Mix. Part 2.

Setelah berpikiran bahwa penjelasan mengenai marketing Mix terputus begitu saja, ternyata pertemuan ke-7 menjawab pernyataan saya sebelumnya... "marketing mix is back on the scene"!!

Marketing Mix Part 2

PEOPLE (Sumber Daya Manusia)
SDM dalam sebuah organisasi mewakili keseluruhan citra bisnis. Maksudnya adalah, sumber daya manusia yang ada di dalam sebuah organisasi dapat memberikan citra yang sangat kuat mengenai organisasi tersebut. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan dagang pasti banyak terdapat orang-orang lulusan sarjana ekonomi dan.. Jumlahnya pasti lebih banyak dan dominan jika dibandingkan dengan sebuah perusahaan otomotif atau organisasi kesehatan. 

Yang termasuk di dalam People :
  • Employees : Karyawan yang ada di dalam organisasi.
  • Management : Pihak manajemen yang mengatur kegiatan organisasi.
  • Culture : Budaya SDM yang ada di dalam organisasi.
  • Customer : Konsumen
Citra yang ada pada SDM sangat kuat berpengaruh pada organisasi. Alasannya adalah :
  1. Biasanya, SDM menjadi ujung tombak pelayanan bagi organisasi kepada konsumen.
  2. Citra yang dimiliki konsumen terhadap organisasi, berawal dari citra yang ditimbulkan oleh SDM  dalam organisasi kepada konsumen, termasuk citra yang akhirnya menjadi ukuran kualitas sebuah organisasi bagi konsumen.
  3. SDM yang dimiliki organisasi dapat memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi konsumen mengenai produk dari perusahaannya.
  4. Kualitas dan Kuantitas SDM organisasi berkaitan dengan relevansi kegiatan organisasi dengan misi yang dimiliki perusahaan tersebut.
  5. Persepsi konsumen terhadap kualitas perusahaan seringkali dikaitkan dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen.. apakah sesuai dengan harapan konsumen, ataukah tidak..
 PROCESS (Proses)
Process biasanya berkaitan dengan industri pelayanan jasa. proses yang dimaksud adalah bagaimana konsumen menikmati layanan yang diberikan. hal ini berkaitan dengan dua hal :
  • Apa yang harus ditempuh oleh konsumen untuk dapat menikmati sebuah layanan. (what processes do they have to go through to acquire the services?) 
Proses yang ditempuh oleh pelanggan untuk mendapatkan layanan sangat berpengaruh bagi keberlangsungan kegiatan organisasi. Semakin mudah proses yang harus ditempuh oleh pelanggan untuk mendapatkan layanan tersebut, maka kepuasan konsumen akan semakin tinggi dan frekuensi transaksi yang dilakukan oleh konsumen kepada perusahaan relatif akan meningkat dan akan mendongkrak pemasukan yang akan menjadi "angin segar" bagi keberlangsungan "hidup" perusahaan.
  • Dimana konsumen dapat menemukan informasi mengenai ketersediaan layanan tersebut? (where do they find the availability of the services?)
Kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan informasi mengenai ketersediaan layanan juga harus menjadi prioritas bagi perusahaan penyedia layanan. Semakin mudah informasi didapatkan oleh konsumen mengenai ketersediaan jasa, semakin mudah pula konsumen mendapatkan layanan tersebut. Hal yang menjadi pilihan bagi perusahaan dalam menyediakan informasi mengenai ketersediaan adalah sebagai berikut:
  1. Contact Person / Kontak
  2. Reminders / Pengingat
  3. Registration / Pendaftaran Langsung
  4. Subscription / Berlangganan Informasi
  5. Form Filling / Pengisian Formulir
  6. Degree of Technology / Tingkatan Teknologi
 PHYSICAL ENVIRONMENT (Lingkungan Fisik)
Yang termasuk dalam Physical Environment atau Lingkungan Fisik adalah "The ambience, mood or physical presentation of the environment" (Suasana fisik maupun hati, ataupun penampilan secara fisik yang ditampilkan oleh lingkungan).
Smart/ shabby ?
Trendy/retro/modern/old fashioned ?
Light/dark/bright/subdued ? (warna terangkah? Atau warna cerahkah?) 
Romantic/chic/loud ? 
Clean/ dirty/ unkempt/ neat? 
Music?
Smell?

KESIMPULAN DARI MARKETING MIX :
"Blend of the mix depends upon:" (perpaduan porsi yang harus diperhatikan mengenai komponen-komponen dalam marketing mix dapat dipertimbangkan berdasarkan hal-hal berikut:)
  1. Objek Pemasaran
  2. Tipe Produk
  3. Pasar Target
  4. Struktur Pasar
  5. Perilaku Pesaing
  6. Isu Global, Agama, Suku, dll
  7. Posisi Pemasaran Produk
  8. Portofolio Produk:
  • Daur Hidup Produk
  • Boston Matrix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar