Senin, 12 Mei 2014

PENETAPAN HARGA

KEPUTUSAN HARGA
PRICE (HARGA)
Adalah sejumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk mendapatkan manfaat dalam memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa. contohnya, konsumen membayarkan sejumlah uang untuk menikmati jasa pijat sepulang kerja. sejumlah uang inilah yang kemudian dinyatakan dengan harga. 

Pertimbangan Harga

Faktor Internal :
  • Tujuan Pemasaran (laba besar, kuantitas kecil; atau laba kecil, kuantitas besar)
  • Strategi marketing mix (membeli assets / menyewa)
  • Biaya yang dikeluarkan (Cost)
  • Pertimbangan Organisasi (sesuai dengan keputusan pemimpin organisasi atau kebijakan organisasi terkait)
Faktor External:
  • Permintaan pasar (sesuai dengan hukum permintaan)
  • Persaingan 
  • Faktor lain (faktor ekonomi lingkungan masyarakat sekitar; daya beli masyarakat, penjualan kembali, kebijakan pemerintah)
Kebijakan Penetapan Harga
Dalam menetapkan harga barang atau jasa, perusahaan memiliki kebijakan-kebijakan yang perlu ditetapkan. Hal ini berimbas kepada harga barang atau jasa yang ditawarkan kepada pasar. Apakah harga yang ditetapkan diatas harga pesaing, ataukah harganya di bawah harga pesaing, ataukah sama dengan harga pesaing. Kebijakan harga adalah sebuah keputusan mengenai harga-harga yang akan diikuti untuk suatu jangka waktu tertentu.

Terdapat lima faktor yang mempengaruhi kebijakan penetapan harga:  (1) permintaan pasar terhadap produk, (2) target pangsa pasar, (3) reaksi pesaing, (4) penggunaan strategi penetapan harga, dan (5) bagian lainnya yang terdapat dalam marketing mix.

Kebijakan penetapan harga sebuah perusahaan perlu memperhatikan aspek-aspek dibawah ini:

  • Memilih tujuan penetapan harga
  • Menetukan permintaan (berapa banyak produksi)
  • Memperkirakan biaya (analisis biaya dengan daya beli konsumen)
  • Analisis biaya, harga dan tawaran pesaing (analisis harga dengan harga saingan)
  • Memilih metode penetapan harga
  • Memilih harga final
  • Perancangan dan penetapan strategi penetapan harga dilihat dari sudut konsumen
  • Strategi penyesuaian harga
Pendekatan Penetapan Harga
Pertimbangan :
  • -          Permintaan di pasar sasaran
  • -          Strategi bisnis dan pemasaran (haga murah/kualitas yang bagus dengan harga mahal)
  • -          Diferensiasi produk (karakteristik produk yang berbeda dari yang lai)
  • -          Harga pesaing
  • -          Harga barang substitusi (pengganti)
  • -          Biaya produksi (biaya opersional)

v  Cost-Based Pricing
Contoh Soal :
Bahan Baku                                 = 20.000.000
TKL  (Tenaga Kerja Langsung)   =   5.000.000
BOH (Biaya Over Head)             =   3.000.000
Jumlah                                          = 28.000.000 (Unit Cost)
14.000 (unit yang dihasilkan) : 28.000.000 (unit Cost)   = 2.000
2.000 + Laba 20%            = 2.400 (harga perunit)

v  Break Even Analysis and Target Profit Pricing
FC (Fix Cost, ada atau tidaknya produksi biaya tetap berjalan) = 10.000.000
VC (Variabel Cost, biaya tambahan)                                         =        5.000
P/S (Price/Sale, harga jual)                                                        =     25.000
FC : (S-VC) = 10.000.000 : (20.000-5.000)
                     = 667 unit

S = 1500 (asumsi jumlah barang yang dijual) X 20.000 = 30.000.000
VC = 1500 X 5.000                                                    =   7.500.000
S – (FC + VC) = 30.000.000 – (10.000.000 + 7.500.000)
                         = 12.500.000 (laba)

v  Value-Based Pricing
        Menetapkan harga berdasarkan persepsi pembeli terhadap suatu nilai dibandingkan
        dengan biaya penjual.

 Contohnya : Pemesanan baju pengantin yang ditentukan penetapan harga baju dibuat produknya.

v  Competition-Based Pricing
Menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing.

Strategi Penetapan Haga Produk Baru
  •           Market – Skimming Pricing, Menetapkan harga tinggi untuk produk baru untuk mendapatkan pendapatan maksimum dari segmen memayar harga tinggi.
  •           Market – Penetration Pricing, Menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik pembeli yang banyak dan pangsa pasar yang besar.

Stategi Penyesuaian Harga
Strategi : Discount and Allowance Pricing
Deskripsi : Mengurangi harga untuk memberi penghargaan pada konsumen.
Strategi : Segmented Pricing
Deskripsi : Menyesuaikan harga terhadap pelanggan, produk, atau lokasi yang berbeda.
Strategi : Psychological Pricing
Deskripsi : Menyesuaikan harga terhadap efek psikologi.
Stategi : Promotion Pricing
Deskripsi : Menguangi harga sementara untuk meningkatkan penjualan jangka panjang.
Strategi : Geographical Pricing
Deskripsi : Menyesuaikan harga sesuai letak konsumen.
Strategi : International Pricing
Deskripsi : Menyesuaikan harga untuk pasar international.

Penetapan Haga Diskriminasi
  • -          Segmen pelanggan (contoh : seminar, perbedaan harga umum & mahasiswa)
  • -          Bentuk produk (perbedaan berdasakan penampilan)
  • -          Lokasi (perbedaan harga berdasarkan tempat)
  • -          Waktu (berdasarkan musiman)

Penetapan Harga Psikologi
Konsep : Dengan harga yang sama tetapi bisa mendapat banyak produk.
Penetapan harga berdasarkan :
  • -          Menarik
  • -          Nilainya
  • -          Psikologi harga (sesuai tidaknya kelangkaan barang)

Penetapan Harga Promosi
  • -          Kepemimpinan harga merugi (supermarket)
  • -          Penetapan harga untuk even spesial (bazar/pameran)
  • -          Potongan harga
  • -          Pembiayaan bunga rendah (rumah elit/KPR)
  • -          Pembayaran jangka panjang
  • -          Garansi & pelayanan
  • -          Diskon psikologis

Market Holding
·         Strategi ini sering dipergunakan oleh perusahaan yang ingin mempertahankan pangsa pasar.
·         Dalam pasar global terjadi disebabkan karena flutuasi nilai mata uang yang menyebabkan harga naik turun.

Pengaruh Lingkungan Terhadap Keputusan Harga
  • -          Fluktuasi nilai mata uang
  • -          Klausul mata uang
  • -          Penetapan harga di wilayah yang mengalami inflasi
  • -          Campur tangan & subsidi pemerintah
  • -          Prilaku pesaing
  • -          Hubungan harga dengan kualitas

Transfer Pricing
Penetapan harga dari produk/jasa yang dibeli/dijual oleh unit operasi/divisi dari perusahaan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar